Kamis, 24 Mei 2012

Hubungan Antar Aspek-Aspek Gatra


Geografi- SDA
Geografi dan SDA (sumber daya alam) saling berhubungan. Banyak lokasi/daerah di Indonesia yang memiliki SDA yang melimpah. Contonya, di Kalimantan terdapat tambang sumberdaya alam yang berupa batu-bara, di Irian Jaya terdapat tambang emas.

Geografi – Penduduk
Antara geografi dan penduduk terdapat hubungan yaitu di Indonesia ini penyebaran penduduk belum merata ke seluruh daerah. Penduduk memadati
ibu kota yng menjadi pusat yang paling diminati oleh para pencari kerja. Di daerah pedalaman seperti yang ada di Kalimantan, penduduknya masih jarang.

SDA – Penduduk
Hubungan antara SDA dan penduduk yaitu di suatu yang memiliki SDA melimpah seperti Kalimantan akan membutuhkan penduduk yang mempunyai kemampuan SDM yang berkualitas untuk mengolah SDA tersebut menjadi barang yang diinginkan oleh pasar.

Ideologi – Politik
Ideologi dan politik selalu berhubungan. Suatu sistem politik selalu berdasarkan pada ideologi yang dianut oleh negara tersebut. Di Indonesia, sistem politik atau kegiatan politik harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, tidak boleh menyimpang. Karena dasar negara/ideologi negara Indonesia adalah Pncasila dan UUD 1945.

Ideologi – Ekonomi
Hubungan antara ideologi dan ekonomi adalah sistem ekonomi juga harus berdasarkan pada ideologi. Di Indonesia, sistem ekonomi yang berlaku berdasarkan pada undang-undang yang berlaku.

Ideologi – Sosbud
Ideologi dan sosial budaya di Indonesia ini saling berhubungan. Kehidupan sosial di Indonesia sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Penuh rasa kekeluargaan dan gotong-royong. Dan Pancasila juga bertindak sebagai penyaring budaya luar yang akan masuk ke Indonesia. Apakah budaya luar itu sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia atau bertentangan dengan ideologi yang selama ini dianut oleh negara Indonesia.

Ideologi – Hukum
Ideologi dan hukum selalu berhubungan. Hukum yang berlaku di Indonesia dibuat, disesuaikan dan didasarkan pada dasar negara yaitu Pncasila dan UUD 1945. Hukum yang berlaku sesuai dengan jati diri negara Indonesia.

Politik – Ekonomi
Hubungan antara politik dan ekonomi yaitu jika ada perubahan keadaan atau kebijakan politik, bisa mempengaruhi keadaan ekonomi. Di Indonesia misalnya, jika ada pemimpin baru dan menetapkan kebijakan baru bahwa ada swasembada beras maka kondisi ekonomi akan berubah.

Politik – Sosbud
Politik dan sosial budaya itu berhubungan. Sistem atau kondisi politik yang ada berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakatnya. Jika kondisi politik kacau, kehidupan sosial masyarakatnya juga bisa kacau. Di Indonesia membudayakan pemilihan umum yang LUBEJUDIL Pemilu yang Bebas Jujur dan Adil.

Ekonomi – Sosbud
Ekonomi dan sosbud saling berhubungan. Keadaan ekonomi mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat karena adanya status sosial. Biasanya orang atas hanya mau bersosialisasi dengan orang yang sama derajatnya.

Geografi – Ekonomi
Geografi dan ekonomi itu selalu berhubungan. Dalam usaha untuk memenuhi kebutuhannya, manusia akan datang ke tempat atau lokasi ysng menyediakan apa yang dia butuhkan. Banyak yang berurbanisasi ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Namun ada juga yang karena lokasi rumhnya di pedalaman maka harga kebutuhan sehari-hari lebih mahal dari harga wajar, sehingga biaya hidup lebih tinggi.

SDA – Ekonomi
SDA dan ekonomi saling berhubungan. Di suatu lokasi yang memiliki sumber daya alam melimpah akan memberikan perubahan ekonomi yang pesat. Misal di Kalimantan atau Irian Jaya , gaji karyawan lebih tinggi dari pada gaji wajar. Tapi seimbang dengan biaya hidup yang mahal, karena di daerah sana sedikit yang menyediakan kebutuhan sehari-hari.

Penduduk – Sosbud
Penduduk dan sosbud itu berhubungan. Karena penduduk atau manusia itu butuh untuk bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain. Bentuk sosialisasi yang dilakukan juga sesuai dengan budaya yang ada di Indonesia.

Jadi menurut saya, aspek asta gatra yaitu geografi, SDA dan penduduk sebagai aspek alamiah serta ideologi, politik,ekonomi,sosbud dah hukum sebagai aspek sosial itu saling berhubungan. Jika ada salah satu aspek yang berubah, aspek yang lain bisa ikut berubah.

 sumber : otak saya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar